Menu Close

Halal Bihalal Keluarga Besar UPT SMK Negeri 3 OKU

Baturaja – Hari pertama masuk sekolah setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H diisi dengan kegiatan halal bihalal, Senin (24/5). Suasana kegembiraan dan kekeluargaan sangat jelas tampak pada seluruh warga UPT SMK N 3 OKU yang hadir pada acara tersebut, mulai dari kepala sekolah, tenaga pendidik, tenaga administrasi pendidik, serta siswa pengurus organisasi intra sekolah.

Meskipun suasana pandemi virus corona atau covid-19 yang tengah melanda, tak menyurutkan semangat warga UPT SMK Negeri 3 OKU untuk tetap bersilaturahmi dan saling bermaafan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona. Oleh karena itu, kegiatan ini dilaksanakan terbatas hanya pada tenaga pendidik dan tenaga administrasi pendidik  saja, tanpa melibatkan seluruh peserta didik.

“Silaturahmi halal bihalal kali ini hanya terbatas pada pendidik dan tenaga administrasi pendidik  saja, tanpa mengikutsertakan siswa/siswi,” ungkap Kepala UPT SMK Negeri 3 OKU, Eddy Dharmansyah, S.Pd., M.Si., Senin (24/5/2021).

Halal bihalal yang berlangsung diruang terbuka tersebut, jelas Eddy, sekaligus untuk memastikan para guru, dan tenaga administrasi pendidik  sudah masuk kerja pasca libur Idul Fitri, yang sesuai dengan kebijakan pemerintah yang tidak memperbolehkan mudik ataupun pulang kampung.

Sebelum memasuki area berlangsungnya acara halal bihalal ini, seluruh warga UPT SMK Negeri 3 OKU yang hadir diacara ini, diharuskan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, memakai masker, pengecekan suhu tubuh, dan menjaga jarak.  Mereka juga tidak berjabatan tangan sesuai dengan protokol pencegahan covid-19.

“Protokol kesehatan dilakukan ketat, dan menjaga jarak,” kata Eddy.

Menurut Eddy, dari acara tersebut, seluruh warga UPT SMK Negeri 3 OKU bisa memanfaatkan momen tersebut untuk saling memaafkan satu sama lain.

“(Harapannya) kita bisa saling memaafkan,” ujar Eddy. “Momentum kebersamaan dan kekeluargaan akan lebih baik sehingga memperlancar dan mempermudah semua pekerjaan.” Tambah Eddy.

Bahkan, Kepala UPT SMK Negeri 3 OKU yang belum genap satu tahun menjabat ini tak sungkan terlebih dahulu meminta maaf kepada seluruh warga UPT SMK Negeri 3 OKU yang ada di jajaran bawahnya.

Acara ini diisi pula dengan tausiah oleh Ustadz H. Muhammad Teguh, M.PdI. Menurut Ustadz makna halal bihalal adalah untuk saling memaafkan, mempererat silaturahim, menjadikan hati bersih; menghapus rasa iri dengki, dan membangun kepedulian sesame. “Sering – seringlah bersilaturahim.” Tutup Ustadz Teguh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *